UN Sekarang Jujur-jujuran, Bukan Lulus-lulusan

Pola_UN_Diubah_Tahun_2015

sumber gambar : www.kuambil.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan, penjagaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional di seluruh Indonesia tetap ketat. Hal tersebut berkaitan dengan UN yang tak lagi menjadi alat penentu kelulusan seorang siswa.

Anies bahkan mengeluarkan guyonan bahwa UN sekarang mementingkan kejujuran karena tak lagi menjadi penentu kelulusan. “Sebenarnya meski tak lagi menjadi alat penentu kelulusan, pengawasan tetap jalan dan tidak longgar,” ujar Anies saat ditemui di kompleks Kemendikbud, Jumat (20/3).

“Sekarang UN ‘tuh jujur-jujuran, bukan lulus-lulusan,” lanjut Anies disertai tertawa.

Selain itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Profesor Nizam menambahkan meski pencetakan soal untuk tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan sudah 100 persen selesai, pengiriman ke provinsi dan sekolah-sekolah tetap dipantau.

Menurutnya, pengamanan di tiap-tiap provinsi tetap sesuai dengan standar operasional prosedur. “Pengamanan provinsi tetap sesuai SOP, tidak berkurang sedikitpun,” kata Nizam.

Namun Nizam mengatakan pengamanan oleh anggota kepolisian tidak akan seketat dulu lantaran UN sudah tidak jadi alat kelulusan. Nizam menegaskan polisi tidak akan melakukan penjagaan di sekitar sekolah agar tidak ada anggapan UN menyeramkan.

Lebih jauh Nizam mengatakan, anggota kepolisian hanya akan menjaga hingga ke tempat penyimpanan di tiap-tiap provinsi dan kota. Untuk tempat penyimpanan pun, tambah Nizam, tiap provinsi dan kabupaten kota akan berbeda sesuai kondisi daerahnya.

“Polisi hanya berjaga sampai tempat penyimpanan terakhir dan untuk lokasinya sesuai daerah masing-masing alias situasional,” ujarnya.

Sebelumnya Kemendikbud mengeluarkan kebijakan yang menyatakan UN tak lagi menjadi alat penentu kelulusan. Namun meski tak menjadi penentu kelulusan Anies Baswedan mengatakan nilai UN untuk SMA dan SMK akan menjadi pertimbangan untuk masuk ke perguruan tinggi.

 

sumber : http://www.cnnindonesia.com/

Tags: , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.