Warning: Creating default object from empty value in /home/putussek/public_html/wp-content/themes/boldnews/functions/admin-hooks.php on line 160

Tentang Ujian – Nasional Pendidikan Kesetaraan

Bagi adik-adik yang ingin mengetahui lebih jelas tentang Ujian Kesetaraan . Global mencoba memberitahu seditki informasinya.
Ujian kesetaraan ini tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2008 tentang Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan. Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan yang selanjutnya disebut UNPK adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik program Paket A, Paket B, dan Paket C yang dilakukan oleh Pemerintah.
Satuan pendidikan nonformal kesetaraan adalah penyelenggara pendidikan kesetaraan, mencakup Kelompok Belajar, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan satuan pendidikan sejenis lainnya.
Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan atau Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota yang memuat daftar nilai hasil ujian nasional. Lalu ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang menyatakan bahwa peserta didik lulus dari satuan pendidikan.
Mata pelajaran yang diujikan dalam UNPK Paket A meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pendidikan Kewarganegaraan. lalu Paket B meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pendidikan Kewarganegaraan. Dan ujian yang diujikan untuk Paket C-IPS meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Pendidikan Kewarganegaraan/Tata Negara, serta Paket C-IPA meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
UNPK diselenggarakan oleh BSNP yang pelaksanaannya bekerja sama dengan instansi terkait di lingkungan Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Kecamatan. Sehingga biaya penyelenggaraan UNPK menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

11 Responses to “Tentang Ujian – Nasional Pendidikan Kesetaraan”

  1. heni lestari #

    Mohon bantuannya untuk rincian biaya kejar paket C,,,

    March 30, 2012 at 3:34 am
    • admin #

      Rinciannya kami tidak bisa jelaskan di web .. !!
      Silahkan Tlp. 021-88326361

      March 30, 2012 at 3:42 am
  2. Saya setuju itu. Kita harus anlisg bantu. Siapa yang meringankan beban orang lain, maka Allah akan meringankan beban kita nati di hari kiamat. Coba kita renungkan ini:Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, Sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka Itulah orang orang yang beruntung (QS. Al-Hasyr:9)Mengutamakan kepentingan orang lain merupakan akhlak mulia. Sekarang ini kita sering melihat, orang lebih banyak mementingkan dirinya sendiri dari pada mengutamakan kepentingan orang lain orang lain. Bahkan yang lebih tragis lagi, rela mengorbankan orang lain untuk memenuhi kepentingan dirinya sendiri. Hal itu jelas bertolak belakang dengan kisah ini. Mudah-mudahan bermanfaat.Seseorang telah datang menemui Rasulullah SAW dan menceritakan kepada Beliau tentang kelaparan dan kesusahan yang dialaminya. Kebetulan ketika itu Rasulullah SAW tidak memiliki makanan sedikit pun untuk diberikan kepada orang itu. Kemudian Beliau bertanya kepada para sahabat, “Adakah di antara kalian yang sanggup melayani orang ini sebagai tamunya pada malam ini?Seorang dari kaum Anshar menyahut: “Wahai Rasulullah, sayalah yang akan menjamunya”Orang Anshar itu pun membawa orang tadi ke rumahnya dan memberitahu istrinya, “Lihatlah, orang ini adalah tamu Rasulullah SAW, kita harus melayaninya dengan sebaik-baioknya. Keluarkan semua makanan, jangan sampai ada yang tersisa di rumah ini”Istrinya menjawab, “Demi Allah, Sebenarnya tidak cukup persediaan makanan di rumah kita, kecuali sedikit yang hanya cukup untuk memberi makan anak kita”Orang Anshar itu berkata, “Kalau begitu engkau tidurkan mereka dahulu, tanpa memberi mereka makanan. Apabila saya duduk sambil mengobrol dengan tamu itu dengan menyajikan makanan yang cuma sedikit ini, pada saat kami mulai hendak makan engkau padamkanlah lampu, sambil berpura-pura hendak membetulkannya kembali”Maka istrinya melaksanakan seperti apa yang direncanakan suaminya. Seluruh keluarga itu termasuk anak-anaknya terpaksa menahan lapar pada malam itu, semata-matra agar tamunya dapat makan dengan kenyang.Wallahu’alam Bishshowab

    April 22, 2012 at 3:53 am
    • admin #

      Iyah aminn !!
      Terimakasih atas kunjungannya ,,,

      June 7, 2012 at 7:43 am
    • sawali tuhusetya / April 23, 2009ada2 saja toh erpnkesisya, mas fajar, hehehe saya terkejut ketika baca kompas tadi pagi ternyata ada seorang siswi yang shock setelah mengikuti ujian bahasa inggris. agaknya UN telah membuat banyak siswa yang kehilangan rasa percaya diri akibat penafsiran yang keliru ttg hakikat UN itu sendiri.sawali tuhusetyas last blog post..Ragam Bahasa Media dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa (Bagian II-Habis)Reply

      July 8, 2012 at 7:16 am
  3. Salam kenal bos, saya pkbm di Jakarta Selatan,
    semoga sukses perjuangan memperkecil angka putus sekolah..
    mari saling bahu membahu..
    ayo pada daftar wilayah Bekasi dan sekitarnya di PKBM Sulatan Hasanuddin

    May 14, 2012 at 10:16 am
    • admin #

      Iyah sama salam kenal juga !!
      Iyah semoga KITA diberikan Kelancaran dalam membantu anak-anak calon penerus bangsa negara Indonesia Menjadi sukses di masa yang akan datang .

      June 7, 2012 at 7:45 am
  4. BTW, tukeran link yuk, bos..

    May 14, 2012 at 10:17 am
    • admin #

      Link banner apa gimana ?

      June 7, 2012 at 7:45 am
      • Omiyan / April 20, 2009kunci sukses UAN itu ganpmag yaitu BELAJAR kemudian MEMAHAMI dan BERLATIH sip sukses buat adik-adiku yang lagi UAN :sip:Omiyans last blog post..Dia mampu Kenapa Kita TidakReply

        July 8, 2012 at 9:04 am
  5. ridwan #

    mhn penjelasan apakah program penuntasan buta aksara waktu dulu ijazahnya setara sd? Dasar hukumnya apa? Terima kasih.

    December 23, 2012 at 12:51 am

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.